Thursday, September 07, 2006

Saraf Kejepit

Inget kan tu awal taon, waktu saraf gue kejepit akibat angkat berat2, sampe bed rest 1 bulan di rumah, trus berlanjut nyokap gue meninggal waktu itu.

Nah belakangan ada temen gue yang kena juga sakit kaya gitu, jadi gue pikir di sini gue berbagi informasi deh apa aja yang gue tau.

Kalo gue sih waktu itu sakitnya di pinggang, jadi kaya kejepit sarafnya, dan dari pinggang sampe ujung kaki itu sakit dan kesemutan ga berhenti2, sampe jalannya pincang. Diakibatkan karena waktu itu gue keasikan angkat2 berat (karena mau pindah rumah) dan pas pinggang gue dah sakit, masih maksa main bowling :P

Waktu pertama sakit sih minum obat penahan sakit, lalu rontgen. Dan pada kuatir itu Hernia (kaya turun bero), jadi di antara tulang belakang gue itu kemungkinan ada something kejepit (gue ga berapa ngerti lah).

Solusinya nih yang penting:

1.
Bed Rest (ini paling bagus deh, ga banyak gerak)

2.
Jangan angkat berat-berat lagi (setidaknya untuk bbrp bulan)

3.
Tetep minum obat dengan teratur sesuai dosis

4.
Sesekali fisioterapi (disinarin, disetrum2 dikit, dipijat ringan), ada koq di rumah sakit terapi ginian. Cari tau aja..

5.
Olahraga RENANG (ini juga penyembuhan yang efektif, pelan tapi pasti). Santai2 aja kaya main air, gerak2in, ga usah renang berat2

6.
Oya, hindari yang dingin2, minuman dingin, udara terlalu dingin, dan air dingin (mandinya pake air hangat aja)

7.
Pijit. Tapi ini gue ga berapa mendukung sih, gue sih ga berani. Soalnya gue pernah denger cerita, temen koko gue jatuh gara2 main ice skating, trus ditanganinya dengan tukang pijit aja. Dia ga serius ke dokter untuk ditelusuri. Akhirnya belakangan malah makin parah, trus malah ga bisa sembuh lagi, kakinya jadi pedok kaya orang polio. Kasian banget kan..
Tapi ada juga sih pijit yang berhasil.. jadi up to you aja deh!

8.
Akupuntur. Ini lebih baik gue rasa daripada pijit. Cari2 tau dulu tempat yang baik yang mana.

9.
Konsultasi dengan bagian tulang kalo ga salah (gue ga inget namanya apa, temen gue tuh yang dokter2 pada tau kali). Di situ katanya bisa konsultasi, dan kita cari tau apa yang salah dengan gaya hidup kita, misalnya cara jalan yang salah, duduk yang suka miring2, atau bawa tas selalu di bahu kanan dan tasnya berat pula, atau selalu pakai telepon di sebelah kiri dan lama, dan lain2 lah. Ini bagus untuk memperbaiki gaya hidup kita, untuk mencegah lebih parah nantinya.

10.
Jangan putus asa. Sakit ginian emang katanya lama sembuhnya. Pasti walo dah ga sakit, tp kadang2 masih ada rasa nyeri atau kesemutan yang muncul. Gak usah terlalu takut, boleh aja ke dokter lagi untuk konsultasi.
Menurut dokter gue dulu sih, paling cepet bisa sembuh seperti normal itu 6 bulan. Karena saraf itu emang pembaharuannya lama, ga seperti kulit. Gitu katanya...
Doa aja, selama kita berusaha, pasti nanti lama2 sembuh. Dan hati2 dalam menentukan pilihan, cari informasi sebanyak-banyaknya dulu sebelum ambil keputusan untuk penanganan.

11.
Oya hampir lupa, kalo emang terasa agak parah, mendingan di MRI (scan sampe ke dalem2 gitu deh), emang agak mahal, tp nanti bisa ketauan dengan jelas nanti masalahnya apa.

12.
Kalo kepepet ya operasi. Tapi amit2 banget deh. Makanya jangan sampe..

13.
Oya lagi.. bisa juga pake korset, misalnya sakitnya di pinggang kaya gue, pake deh korset, ada strip2 gagang gitu kaya tulang, supaya punggung kita ga terlalu banyak bergerak (ada yang nahan). Ini buat yang terpaksa ga bisa bed rest, jadi bagus juga pake ginian.

14.
Jalan hati2, jangan maen roller blade, ice skating, bowling, atau tak benteng, tak jongkok, galaxin, atau main karet dulu deh ya!
Jangan juga maen Dance-dance revolution, yang kalem2 aja, jangan celamitan, jangan pecicilan. Main aja congklak atau bekel, atau maenan laen yang ga terlalu banyak gerak, tapi posisi duduknya yang bener ya, jangan keenakan duduk di lantai dan badannya mlintat mlintut miring sini miring sono.

15.
Buat cewe2, atau bencong, mungkin juga kalo ada cowo ga waras, kalo saraf kejepit terutama di kaki atau di pinggang, atau deket pantat (area2 situ deh) sebaiknya ga pake high heel dulu, pake aja sepatu yang ceper2, biar kakinya ga kerja keras.

Ok segitu dulu, semoga bermanfaat yah!

9 comments:

bulu said...

Kaya gw met waktu pas pindahan. Gw sakit dari pantat gw sampe ke ujung kaki. Malah gw sampe gak bisa jalan. Trus di MRI ketemu ada 2 saraf yg kejepit. Abis itu gw di terapi deh sampe hampir 2bulan. Sekarang sih dah gak napa2, tapi kadang2 suka gak enak rasanya.

Mete said...

iya, bulu juga kan mungkin gara2 dulu yang lo sempet kecelakaan waktu sma ya.. emang agak susah ya kalo saraf gitu, sembuhnya lama, bisa kambuh lagi, jadi kadang2 kita suka ngerasa sakit. gue juga gitu koq.. moga2 nanti kita sembuh total ya bul

Jerry said...

Wah sama nih, gue jg HNPer.
Sekarang lagi jalani terapi alternatif.thx GOD 2x udah baikan.
Sebelumnya udah coba akupuntur,chiropractic tp nihil.akhirnya ketemu ama orang yg pernah sakit HNP dan dikasi tau tempat berobatnya. Sekarang jauh lebih baik

Didi said...

Jerry, kasih tau donk dimana tempat berobatnya

indra said...

mas, istri saya kayaknya juga kena penyakit yang sama nih. dia udah ngga bisa bergerak selama 2 hari ini di tempat tidur terus karena sakit banget. jadi dia udah nggak kuat nahan sakitnya kalo harus jalan untuk ke dokter. kata saudara saya yang dokter syaraf disarankan untuk bed rest 2-3 hari ini karena biasanya di hari ketiga sudah bisa jalan untuk cek MRI dan fisioterapi. kira2 ada saran ngga mas selama 2-3 hari bed rest ini istri saya baiknya ngapain ya selain tiduran. terima kasih banyak sebelumnya. Indra

Anonymous said...

ia nie, gw juga lagi kena saraf kejepit dibagian pinggang gw,, sempet stress juga sie coz gw ngerasa gx sembuh2 padahal gw dah rajin tu yang namanya fisioterapi,,
yang bikin takutnya lagi,, pas gw nanya ma petugas fisioterapinya,, katanya penyakit ini gx bisa sembuh tapi cuma bisa dikurangain rasa sakitnya dong,,

buat jerry mw tw dong gw tempat nya???????????????????????

Anonymous said...

sori..mau nnya donk..kebetulan ada keluarga g yg lg ngalamin saraf kejepit..uda hmpr 1 mnggu cm bs baringan & bs gerakin pinggang ke bawah..uda kdkter ahli tulang tp blm ada kmajuan..mslhnya kt di kota kecil...hm..mo minta saran donk...

Anonymous said...

sori, mksd g ga bs gerakin dr pinggang ke bawah..

friza29 said...

hello,, gw juga dalam proses pengobatan saraf kejepit di bagian punggung kanan (belikat) yang nyebabin sesek nafas, waktu itu sampe gak masuk kantor seminggu karena harus fisioterapi...dan itupun belum sembuh..
gw ikut yoga terapi, lumayan tapi masih sakit..
akhirnya gw ga sengaja ketemu jelly gamatnya luxor..alhamdulillah penggunaan 1 bulanan udah ga sakit lagi dan badan ga kaku..
minumnya malem dan pagi..ternyata pas tanya di distributornya banyak yang pake jelly gamat untuk saraf kejepit..
gamat kan antiinflamasi yang alami (dokter jg psti ngasih ini buat resep orang2 yg sarafnya kejepit), dan juga ada kolagen, glukosamin n chondroitin yg bagus untuk memperbarui cairan sendi.. mantep ni produuk..
sampe sekarang masih pake! ohya kalo mau beli bisa ke gw loo..gw member soalnya jd harga aga turun.. tp bnyk juga sih yang jual bisa browsing aja ke google: jelly gamat.. berani nawarin karena udah pengalaman sendiri.. :)))